September 2, 2011

forgive and forget

aku pernah baca di suatu sumber, “forgetting is never as easy as forgiving”. menurutku kata-kata ini bener banget. yah siapa sih manusia yg gak pernah bikin salah? siapa juga orang yg gak pernah disakitin orang lain? semuanya pernah. entah karena diboongin, diduain, dimanfaatin, dan lain-lainnya yg masih banyak lagi. manusia gitulhooo, kapan sih pernah bener terus ngejalanin hidup ini?

kita juga sering denger kata ‘maaf’ dari seseorang yang pernah bikin salah. kita sering ngerasa hal ini gak adil banget. secara gitu misal kita dibohongin, hati kita sakit, trus nangis,
 jadi kepikiran terus dan orang yg bikin kita kayak gitu nggak ngerasain apa-apa tinggal bilang ‘maafin aku ea’ dan mereka pikir masalah ini udah habis gak bersisa. kampret beudh. itungannya sama aja kan kalo kamu bunuh orang trus kamu tinggal ke rumah keluarga korban dan bilang maaf, kamu pikir mereka terima? kamu pikir kamu nggak akan digebukin?

kalo menurutku pribadi, untuk hal kayak gini hal yg paling mungkin bisa kita lakukan yaitu memaafkan dan ikhlas. memaafkan berarti kita gak menyimpan dendam dan gak ngedoain yg jelek-jelek buat orang itu. sering kan kalo kita sebel sama orang, secara nggak sengaja kita ngomong 'puh mandar ae kon dikonokno pisan mbek wong iku' tapi percaya deh, kayak gitu itu gak ada gunanya. selain nambah-nambahin dosa kita, hal itu dampaknya malah bisa balik ke kita. mana mau sih Tuhan ngabulin doa yg nggak ada bagus-bagusnya? adanya juga Tuhan itu adil. kalo kita menyakiti, suatu saat Tuhan akan menunjukkan ke kita gimana rasa sakit itu. maksudnya, biar kita bisa tau sendiri gimana rasanya dan biar kita bisa belajar untuk nggak ngulangin hal yg sama ke orang lain. begitulah hukum alam :)

so, kalo emang ada orang yg minta maaf ke kita, maafin aja. masalah orang itu tulus atau enggak sih ntar pasti kembali ke dianya juga. kalo memang kita belum bisa lupa apa yg dilakukan sama orang itu, serahin aja ke Tuhan. percayain semua ke Tuhan dan perlahan-lahan kita pasti mulai bisa ngerelain semuanya. cheers :)


2 comments:

Pricillia Devi said...

sippo coy aku sukaaaaa hahahahahha :D

rintanovelinta said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

asik nggak?